Investasi Serentak Di 845 Posyandu, 12 Kecamatan, 172 Desa/Kelurahan.

PACITAN,- Percepatan Penurunan Stunting, Dinas Kesehatan Kab.Pacitan menggelar Penimbangan balita dan bumil 100% Bulan Juni 2024

Kegiatan ini merupakan kegiatan penting yang sedang menjadi perbincangan publik untuk perimbangan solusinya.
Di kab.pacitan pada bulan juni 2024 terealisasi pelaksanaan kegiatan Penimbangan balita di posyandu dan kegiatanya meliputi ;

Penimbangan Berat Badan, Pengukuran Tinggi Badan , Pengukuran Lingkar Kepala, dan Pengukuran Lingkar Lengan, konseli gizi serta mendapat pelayan maksimal, di selenggarakan dengan target balitail dan bum diukur sebesar 100 % agar tubuh kembang balita selalu dapat terpantau dengan baik.

Untuk kerja melawan stunting Dinkes melibatkan banyak pihak terutama dari pemerintah desa dan kecamatan untuk melakukan penggerakan sasaran ke Posyandu. Kegiatan dilaksanakan di 845 Posyandu yang tersebar di 172 Kelurahan/desa pada 12 Kecamatan.

Oleh karena itu peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk kesuksesan acara ini.
Adapun hasil dari kegiatan ini adalah pemerintah bisa mendapatkan data akurat terkait balita dan bumil yang mengalami masalah gizi yang dikhawatirkan akan jatuh menjadi stunting.

Kadinkes Pacitan dr Daru Mustiko menyampaikan, “Dinas kesehatan kab.Pacitan meyakini bahwa melalui langkah-langkah konkret dengan penimbangan 100 % di Posyandu, dapat tercipta generasi yang tumbuh dan berkembang dengan optimal. Inisiatif ini bukan hanya sebagai respons terhadap masalah stunting, tetapi juga sebagai investasi jangka panjang dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak penerus bangsa.” (6/24)

Data yang akurat dari penimbangan mempermudah pemerintah memberikan intervensi yang tepat dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pacitan. (Mj)