Megah Pekan Karya Inovasi Desa /Kelurahan 2024 Pacitan Ibu – ibu PKK

PACITAN, -Puncak Pekan Karya Inovasi Desa/Kelurahan 2024 Kabupaten Pacitan berlangsung meriah. Acara malam penganugerahan penghargaan bagi para juara lomba Pekan Karya Inovasi TP PKK Desa/Kelurahan menampilkan kesenian tari serta Top 3 lomba jinggle penyuluhan PKK dan hiburan musik.

Semua kejuaraan lomba mendapatkan piala/piagam penghargaan langsung diserahkan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji serta Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Efi Indrata Nur Bayuaji.

“Selamat kepada para kader PKK yang meraih juara, yang belum sabar dan tetap gembira dengan harapan, juara semoga bisa menjadi inspirator di Desa/Kelurahan masing-masing.” ucap Bupati Pacitan, Rabu (05/06).

Berikut hasil kejuaraan Pekan Karya Inovasi Desa/Kelurahan Kabupaten Pacitan 2024;

Lomba Jinggle Penyuluh PKK
;Juara I Desa Ngadirejan Kec. Pringkuku, Juara II Desa Ngadirojo Kec. Ngadirojo 3, Juara III Desa Tambakrejo Kec.Pacitan

Lomba Mendongeng Bunda PAUD ; Juara I Desa Menadi Kec. Pacitan, Juara II Desa Sukodono Kec.Donorojo, Juara III Desa Hadiwarno Kec. Ngadirojo.

Lomba Kreasi Suvenir; Juara I
Desa Tambakrejo Kec. Pacitan, Juara II Desa Bangunsari Kec. Pacitan,Juara III Kelurahan Pucangsewu Kec. Pacitan

Lomba Majalah Dinding Media Penyuluhan Posyandu; Juara I
Desa Purwoasri Kec. Kebonagung, Juara II
Desa Ploso Kec. Punung,
Juara III Kelurahan Sidoharjo Kec. Pacitan

Lomba Defile, Juara I Kecamatan Pacitan ,Juara II Kecamatan Ngadirojo, Juara III Kecamatan Tulakan

Pekan Raya Inovasi ideal merupakan arahan Ketua Tim Penggerak PKK, kegiatan diikuti oleh Kader PKK Desa Kelurahan Sekabupaten Pacitan dan itu dilaksanakan di 2022.

“Kegiatan itukan, sudah kita laksanakan dua tahun ini. Acara Pekan Raya Inovasi dalam rangka mengapresiasi kader PKK. Mereka abdikan diri dimasyarakat fokus kesejahteraan keluarga. Tentu mereka memiliki cara untuk berinovasi. Inovasi itu kita apresiasi acara yang kemarin kita selenggarakan bertema Pekan Raya Inovasi.”. kata Siswoyo, ST, M. Si. Kabid Pemberdayaan Lembaga Desa

“Jadi kegiatan di awal, acuan kita, kalau tahun kemarin acara Pekan Raya Inovasi ini diselenggarakan dua hari. Sedangkan tahun ini sehari semalam jadi ada kegiatan puncak malam peganugerahan.” imbuhnya

“Dukungan support datang dari SKPD, Bank Jatim, Prodia, Teh balap himpunan kelompok sebaya IPA, Himpunan perusahaan peduli HIV AIDS, Bazar dari 12 kecamatan”

“Kita kerjasama dengan Kominfo semacam desain grafis idea idea tampilan memang jauh sebelumnya dikomunikasikan terutama malam puncak itu sehingga nampak megah, terkait biaya kita tidak terlalu besar kesannya acara itu megah dan kemasannya sangat luar biasa indah”

” Awalnya malam puncak akan diselenggarakan Pendopo tapi saran ibu bupati, sebaiknya acara puncak diselengarakan di luar pendopo kabupaten agar masyarakat dapat menikmati dan terhibur”

“Evant berlangsung satu hari sampai malam ada kegiatan Pekan Karya Inovasi dari PKK Kabupaten Pacitan, juga merupakan daya tarik pariwisata sekaligus acara dinikmati ibu – ibu PKK Pacitan. “pungkas Siswoyo, ST, M. Si. Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa

Sementara Kadis Pariwisata Turmudi saat dikonfirmasi tentang kegiatan menyampaikan,

“Saya mendukung dan juga mengapresiasi luar biasa. Pekan Karya Inovasi ini sebagai picu kreativitas, para kepala desa berkreasi majukan daerahnya melalui budaya dan karya.”

Dirinya menambahkan, Inovasi inovasi semuanya, adalah pecutan kita harapankan event-event jangan hanya 1 tahunan. Desa sebagai lumbung khasah pariwisata, kita berikan ruang seluas luasnya. Alam kita juga mendukung terus dari kebudayaan tradisi seni budaya karya. ( MJ )