Sharing Bisnis Di Titik Tugu Taman Pancer Dorr Pacitan.

PACITAN, -Diawali lagu Indonesia Raya, kemudian gerakan Tangan Di Atas (TDA) dilakukan bersamaan kemudian kumpulan pengusaha pacitan di titik Tugu Taman Pancer Dorr bersama Ikan bakar “Janenake”.

Hadir Perwakilan Bupati, Kepala Dinas Koperasi, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Bank Jatim.

Dalam sambutan Bupati Pacitan yang diwakili Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan merangkap PLT Asisten II Bambang mahendra, menyampaikan,

“Kami mengapresiasi kegiatan pelatihan ini yang diadakan komunitas tangan diatas, Bupati tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain.” (10/6/24)

“Kepada peserta kami sampaikan selamat datang di Pacitan, dengan berbagai semangat semoga yang hadir disini bisa menjadi raja dan ratu di usaha masing -masing. Ini merupakan silataturahmi yang punya nilai rasa percaya diri, semoga sukses.” harapnya

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan sungguh – sungguh.
Terima kasih kepada komunitas UMKM, acara malam ini bisa dimulai.” ajaknya.

Selain itu Kadis Koperasi memberikan uraianya,
“Dalam upaya menumbuh kembangkan UMKM di Kabupaten Pacitan, Dinas koperasi, usaha mikro dan perindustrian Kabupaten Pacitan kolaborasi bersama komunitas tangan di atas (TDA) yang pada hari ini, senin tanggal 10 juni 2024 di Seaforesto, pancer dorr melaksanakan peningkatan kualitas SDM – UMKM.”

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengeksplorasi wirausahawan agar tetap eksis, tangguh melalui kegiatan motivasi usaha dan pelatihan digital marketing. narasumber yang hebat yakni bapak Firman Wahyu Tama TDA Kediri dan bapak Faizal alfa TDA Malang.”

“Dengan motivasi bisnis kita harapkan menjadi kekuatan yang mendorong wirausahawan untuk maju, terus mengobarkan semangat untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan.
jalan menuju sukses di dunia kewirausahaan sering kali dipenuhi dengan rintangan, dan ketidakpastian. Komponen penting dari kewirausahaan yang sukses adalah komitmen terus-menerus untuk mempertahankan motivasi”

Masih menurut Prayitno, Perjalanan kewirausahaan menuntut dedikasi dan jam kerja yang panjang, motivasi membantu pengusaha menemukan tujuan dengan kerja keras dan mendorong komitmen untuk mencapai tujuan.

“Semoga pelatihan ini dapat membantu UMKM untuk membuka wawasan dunia marketing dengan memanfaatkan digitalisasi. Pelatihan yang disampaikan oleh narasumber hebat, kita optimis dapat meningkatkan softskill seperti kreativitas, berpikir kritis, dan komunikatif di setiap individu.” harapnya.

“Juga mengetahui berbagai usaha yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. mengetahui cara cerdas dalam pembuatan marketing plan, personal branding, dan pemanfaatan digital untuk mencari keuntungan dan menjadi pengusaha yang sukses di masa depan.” pungkasnya.

Sementara itu pengusaha Cakra dari Malang yang bisnisnya jaga hutan menceritakan bahwaTDA merupakan tempat belajar umum, dengan bersilaturahmi biasanya ketemu dengan rekan – rekan pengusaha.” katanya.

Diinformasikan bagi yang mau Gabung dengan TDA gratis dan disambungkan ke TDA didaerah. Komunitas TDA ada yang baru mulai usaha, akan melakukan usaha sampai pembisnis yang omsetnya milyaran. Filosofinya TDA adalah memberi, tidak ada kompetitor, semua mitra. (Mujahid)