Rapat Koordinasi Pengamanan Suroan Dan Suran Agung Serta Pilkada Serentak Di Polres Pacitan.

PACITAN, -Jum’at, 21 Juni 2024, pukul 09.55 WIB s/d 11.15 WIB, bertempat di Halking Mapolres Pacitan Jl. A. Yani No. 60 Pacitan, diadakan kegiatan Rakor bersama Stake Holder diikuti sekitaran 50 orang untuk pengamanan Suroan tanggal 7 Juli 2024 (1466/H) dan Pilkada serentak 27 November 2024.

Dihadiri AKBP Agung Nugroho, S.I.K, M.S. (Kapolres Pacitan) sebagai Sohibul Bait dan penanggung jawab kegiatan, Letkol Arh. Imam Musahirul, S.H, M.I.P (Dandim 0801 Pacitan), Mayor Laut (P) Dainuri Syamsudin, S.T. (Komandan Lanal Pacitan), AKP. Sukinto Herman Setya Atmadja, S.H.,M.H. (Kabag Ops Polres Pacitan), Eri Yudianto, S.H., M.H. (Kepala Kejaksaan Negeri Pacitan), Susanto,SH ( Panmud Pengadilan Negeri Pacitan), PJU Polres Pacitan, Kapolsek Jajaran Polres Pacitan, Heru Setiyanto,S. Sos (Ketua Komisi I DPRD Kab. Pacitan), Erwin Andriatmoko, AP (Kalaksa BPBD Kab Pacitan), Samsul Hadi, S.Sos.,MH (Kabid Trantib Satpol PP Pacitan), Aswika Budhi Arfhandy, S.H (Ketua KPU Pacitan ), Suyono,SH, MH (Kepala Terminal Tipe A Pacitan), Paryadi,S.Sos ( Kabid PKT Dishub Pacitan, Anggota Forkopimcam se Kab Pacitan, Khusnul Qomarudin, S.Pd, M.Pd. (Ketua IPSI Pacitan ), Nurwiyono ( Ketua PSHT Cab.Pacitan Parloh 2017 ), Sujito ( Ketua PSHT Ranting Tegalombo Pacitan ), Bambang ( Wakil ketua Cab.IKS PI Kab.Pacitan )

Acara Rakor dimulai Pukul 09.55 WIB dengan susunan acara ; Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Doa, Foto bersama.

Dalam sambutanya AKBP Agung Nugroho, S.I.K., M.T. (Kapolres Pacitan) menyampaikan,

“Rapat ini bentuk sinergitas antara TNI Polri dan Stake Holder yang ada di Kabupaten Pacitan dalam rangka Pengamanan menjeleang kegiatan Suroan dan Suran Agung di Wilayah Hukum Polres”

“Juga merupakan bentuk kesiapan pelaksanaan dan wujud nyata sinergitas polri dengan stakeholder menyambut bulan suro di wilayah Kab. Pacitan.” tambahnya.

Dirinya berharap dapat meningkatkan kolaboratif koordinasi dan sinergi diantara semua pihak, yang terlibat dalam rangka menyambut bulan suro di wilayah kab. pacitan berjalan secara aman, lancar damai, sejuk dan tetap kondusif.

“Untuk personel yang terlibat dalam operasi dan pengamanan menyambut bulan suro ini agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan sungguh-sungguh dan kuat dapat dan menjalankan tugas kedepan serta pelaksanaan memberikan perlindungan pelayanan dan pengayoman kepada warga masyarakat Kab Pacitan.” mintanya.

Sementara itu sambutan dari Letkol Arh. Imam Musahirul S.H.,M.I.P (Dandim 0801/Pacitan),

“Kodim 0801/Pacitan siap mendukung penuh tugas Polres Pacitan dalam rangka Pengamanan bulan suro pengesahan perguruan silat yang ada di Kab. Pacitan.” tegasnya.

“Dalam pelaksanaan tugas pengamanan agenda suro Kodim 0801/Pacitan akan menyiapkan personil yang siap digerakkan dan digunakan untuk pengamanan di Kab. Pacitan dalam rangka menyambut bulan suro aman dan kondusif.”

Sedangkan kesiapan Pengamanan agenda bulan dipaparkan oleh AKP. Sukinto Herman Setya Atmadja, S.H.,M.H. (Kabag Ops Polres Pacitan) dipaparkan di depan undangan yang hadir soal
penggerakan personil pengamanan, Potensi kerawanan, Langkah – Langkah yang dilakukan.

Lebih lanjut Ketua Bawaslu Syamsul Arifin dalam paparan menekankan pentingnya sinergi antara Bawaslu, kepolisian, Kejaksaan Negeri Pacitan dan instansi terkait untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, jujur, dan adil.

“Sampai saat ini, kami telah melakukan berbagai langkah preventif untuk mengantisipasi potensi pelanggaran selama Pilkada Serentak 2024. Koordinasi intensif dengan Polres Pacitan dan jajaran terkait terus dilakukan untuk menjamin stabilitas dan keamanan,” ungkap Syamsul.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap suara yang diberikan oleh masyarakat Pacitan terhitung dengan benar dan tidak ada kecurangan yang terjadi,” tegasnya.

Kegiatan Rapat Koordinasi pengamanan agenda Suro di Wilayah Hukum Polres Pacitan selesai pukul 11.15 dan bersepakat seluruh Aparatur Pemerintahan, baik TNI Polri, organisasi masyarakat, dan elemen masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menjaga pelaksanaan Suroan terlaksana dengan suasana yang aman, damai dan lancar.

Masih berkaitan dengan Rakor, Nurwiyono, SIP (Ketua PSHT Parluh 17 Cab. Pacitan) siap mendukung dan menginformasikan PSHT Parluh 17 melaksanakan test jago dimasing-masing ranting. Pelaksanaan pengesahan warga baru PSHT Parluh 17 dilaksanakan tanggal 19-20 Juli 2024 di GOR Pacitan dengan jumlah 1070 orang.

Dukunganpun datang dari Mas Herly Sutarso.SE.SH Ketua Umum ” Laskar Terate Sehati Nusantara” yang juga Legal Officer (LO) Media Arahnet, saat dikonfirmasi Sabtu (22/6/24) di tempat terpisah soal pengamanan Suroan berpesan,

“Adik – adik calon pendekar atau calon warga PSHT mohon dalam rangka acara Suro Agung dan sah – sahan sebagai warga PSHT untuk tidak berbuat anarkis , harus tertib, tidak ugal – ugalan , jaga keamanan dan keselamatan masing – masing salam persaudaraan.”

“Nama ‘Laskar Terate Sehati Nusantara’ diambil karena seluruh pengurus dan anggota harus sudah warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). ” kata Herly

“Visi Misi organisasi ini adalah Mengurus dan memberikan pemahaman dan bantuan hukum kepada anggota dan warga PSHT. ” imbuhnya.

Seluruh pengurus ‘Laskar Terate Sehati Nusantara’ berjumlah 20 orang, untuk anggota khusus di Madiun 350 orang, sedang Kantor Pusatnya di Jl.Sukarno Hatta Ruko Madiun Indah no.04 Kel. Demangan Kec. Taman Kota Madiun.

Herly berharap, semua anggotanya dari perguruan silat PSHT bisa menjaga kekompakan dan solidaritas agar Laskar Terate Sehati Nusantara (LTSN) bisa eksis.
(Mujahid)