Tiga Personil LSM KPK RI Sidak Tambak Udang Vaname Di Sudimoro Pacitan

  • Whatsapp
banner 468x60

ARAHNET.COM || Pacitan – Untuk pertama kali LSM KPK RI melakukan peninjauan Tambak Udang Vaname di lokasi Dusun Gemaharjo, Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro,  Kabupaten Pacitan, Kamis (29/04/2021).

Tim Investigasi LSM KPK RI Nurrahmad Agani mengatakan di depan awak media, ” Ada beberapa petak lokasi Tambak Udang Vaname yang menjadi perhatian serius tim LSM KPK RI dari Trenggalek. Ada satu lokasi terdapat  kegiatan pengelolaan Tambak Udang Vaname di daerah tersebut dan besar kemungkinan kegiatan ini tidak didasari dengan ijin, padahal ada ijin yang harus dimiliki untuk melakukan usaha budi daya pengelolaannya.

Read More

banner 300250

” Tadi saya sempat melihat beberapa ijin salah satu ijin dasarnya itu adalah SIUP yang diterbitkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. Saya juga menemukan pembuangan limbah yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar tim investigasi LSM KPK RI Nurrahmad Agani usai kegiatan peninjauan tersebut.

Menurut data yang ada ditemukan  limbah dibuang langsung ke laut,  melalui saluran pipa yang dipendam di bawah tanah terhempas di bibir pantai. Data tersebut sudah kami rekam/ video sebagai bahan bukti.

“Sebagian lokasi yang digunakan  atau yang dibuat tambak, berdasarkan  keterangan yang didapatkan di lapangan, pengelolanya adalah pihak  Desa.  Pengelola  Tambak Udang Vanane melakukan sewa lahan ke pihak Desa dengan asumsi nilai per seribu meter lahan disewa  sekitar 7 juta pertahun.  Berdasarkan hasil di lapangan tersebut  perlu menjadi sebuah catatan, dana penyewaan masuk di Kas Desa atau dimana?” Kata Agani.

Lanjut Agani, penghasilan sewa ini tentunya berkaitan terhadap pemerintah Desa.  Oleh sebab itu  Desa juga bisa mempertanggung jawabkan apa yang didapatkan oleh pengelola tambak. Hal ini perlu menjadi catatan tersendiri, jikalau tambak tersebut memang dilakukan secara ilegal, Pemerintah Kabupaten Pacitan sudah barang tentu dirugikan dari retribusi dan Pendapatan Asli Daerah.

“Berdasarakan hasil investigasi di lapangan  muncul  adanya  biaya- biaya yang harus dikeluarkan oleh pihak pengelola.  Selain itu juga Tambak Udang Vanane menimbulkan masalah pencemaran  lingkungan.  Jika benar  dilakukan secara ilegal, secara otomatis mereka tidak mungkin mampu menunjukan persyaratan  salah satunya adalah AMDAL, ” ungkap Agani.

Menurut penjelasan Nurrahmad Agani selaku Tim investigasi mereka datang bertiga antara lain Ketua Umum LSM KPK RI Muktiharsaya, anggota LSM KPK RI Agung dan Ia sendiri.

“Kami adalah Oraganisasi Masyarakat KPK RI bagian dari Pemerintah Indonesia yang mempunyai fungsi salah satunya peduli akan lingkungan, peduli terhadap pelanggaran- pelanggaran yang ada seperti contoh yang kami lakukan pada siang hari ini mendapati pelanggaran yang dikakukan oleh pihak pengelola tambak udang vaname sehingga Pemerintah Kabupaten Pacitan dirugikan secara administrasi,”tutup Agani

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *