KPU Kabupaten Pacitan Selenggarakan Lounching Maskot Pilkada Serentak.

PACITAN, -Kegiatan pengenalan kepada masyarakat tentang tahapan pilkada serentak 2024 sudah mulai. Setelah KPUD Pacitan lakukan peluncuran hari ini lalu melakukan sosialisasi ke Kecamatan – kecamatan dengan membawa dua Maskod sekaligus dikenalkan sebagai simbul semangat dalam mensukseskan pilkada serentak 2024.

Di awali dari Pacitan kegiatan Propinsi mengusung Maskod si Jatim Memilih (JALIH) dengan Taklen pilgub Jawa Timur seneng bareng dengan di kabupaten pacitan ini mengusung maskod sinom purno dengan semangat pilbup pacitan gumregah melangkah.

“Kedua maskod ini kami sudah melalui keputuskan dan proses seleksi dari sejumlah seniman baik dari Jawa Timur maupun kabupaten pacitan. ” kata Ketua KPUD Pacitan, Aswika Budi Aswandi, S.H,. MH. (24/7/2024)

“Kalau si JALIH representasi burung jalak di Jawa Timur. Jadi salah satu burung yang memang salah satu fauna yang menjadi ciri khas Jawa Timur sedangkan di Kabupaten Pacitan ini kami mengusung sinom purno judulnya.

“Nah itu, berangkat dari kesenian yang namanya badut sinom purno. Salah satu kesenian dari wilayah kecamatan Tegalombo dan juga kesenian yang menjadi ciri khas kabupaten Pacitan yang juga mendapat penghargaan sebagai warisan budaya tak benda dari pendidikan dan kebudayaan.” ungkapnya.

Makna maskod ini sebagai simbul kami bahwasanya, kalau sinom purno ini semangat kami untuk menyelaraskan dengan taklen gumregah melangkah itu ya.
Karena sinom purno ini kita ketahui riwayatnya adalah sebuah upacara tradisional yang melegenda begitu, yaitu agar menghilangkan wabah penyakit yang kemudian di usir dengan upacara berupa badut sinom purno itu dan kami berharap dengan sejarah tersebut”

“Dengan latar belakang tersebut mengilhami kami bahwasanya diselaraskan dengan gumregah jumangkah yaitu simbul semangat kami. Pilkada Pacitan kali ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses serta hal hal yang bersifat negatif negatif itu terjauh kan dari tahapan yang sudah kita agendakan mampu kita laksanakan begitu.” harapnya.

Prinsipnya KPUD Pacitan melaksanakan pilkada ini seperti “Takelan provinsi seneng bareng” dengan pesta demokrasi ini harus kita gelar dengan penuh kegembiraan” penuh kebahagiaan dan kita berharap terjauhkan dari hal hal yang bersifat kurang baik jadi kita gelorakan semangat bahwasanya pilkada serentak ini monggo sama sama kita sukseskan dengan seneng bareng bareng.

Acara dihadiri Forkopimda Pacitan, Kebangpol Pacitan serta undangan lainnya, juga dihadiri Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur dan 38 KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur. (Mujahid)